Latest News

Tanda-Tanda Non Medis Awal Kehamilan

Tanda-Tanda Non Medis Awal Kehamilan

Seksology.blogspot.com. Kehamilan adalah sebuah anugrah yang terindah yang diberikan pasangan kepada pasangan suami-istri. Kehamilan juga merupakan indikator rumah tangga yang baik dan menunjukkan bahwa pasangan suami-istri adlaah pasangan yang sehat. Selain dari tanda-tanda sehat dan harmonisnya suatu rumah tangga. Kehamilan yang dijaga hingga saat proses kelahiran adalah harapan bagi seorang keluarga untuk tetap melestarikan keturunan dan mejaga garis darah dari pasutri.

Kehamilan awal minggu pertama


Secara sederhana, kehamilan adalah proses alami yang dialami oleh seorang wanita setelah terjadi pembuahan di rahim. Namun kehamilan adalah proses yang rentang dengan keguguran terutama pada minggu pertama usia janin di dalam tubuh. Oleh karena kehamilan pada mingu-minggu awal harus dijaga. Usaha yang paling pertama untuk menjaga kelangsungan hidup dan perkembangan sang jabang bayi adalah dengan cara mengetahui tanda-tanda awal kehamilan. Nah artikel ini berisi tentang tanda-tanda awal kehamilan seseorang secara Non Medis. Tanda ini biasanya muncul tanpa disadari, oleh karean itu setiap calon ibu harusnya mengetahui tanda-tanda ini. kemudia melakukan pengecekan ke dokter ahli jika gejala yang dimaksud telah dirasakan.

Kebanyakan wanita terlambat bulan adalah satu-satunya hal yang menandakan perutnya sedang memiliki isi. Indikator kehamilan memang yang paling awam diketahui akan tetapi faktor terlambat datang bulang bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti Stress, kecapaian, faktor gen, virus dan infeksi. Jika Menstruasi dijadikan tolak ukur kemungkikan besar, ledies akan terlambat menyadari adanya calon jabang bayi di kandungan ledies. Kemungkikan terburuk adalah biasanya terlambat menstruasi menunjukkan usia kehamilan telah lebih dari usia seminggu, jadi beberapa hal yang tidak di inginka akan cenderung terlambat untuk diantisipasi.

Payudara Membesar dan Lebih Sensitif
Salah satu tanda lain yang terkadang salah tafsir adalah membesarnya ukuran payudara, sedikit lebih besar daripada biasanya. Pada saat seseorang mengalami kehamilan, maka prduksi hormon estrogen dan progesteron akan meningkat. Hormon tersebut akan mebuat payudara terasa lebih lembut dan menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi ketikadi pegang. Biasanya ketika dipegang akan disertai rasa sakit atau nyeri. Selain itu Hormo HPL atau Human Placental Lactogen juga akan diproduksi oleh tubuh. Hormon ini berkerja untuk memproduksi ASI saat sang ibu telah melahrikan.

Muncul Bercak Darah Seperti Haid
Hampir mirip dengan menstruasi, Tanda-tanda kehamilan akan muncul bercak darah yang disebabkan oleh implantasi atau proses melekatnyya embrio pada dinding rahim. Bercak darah yang muncul biasanya menyerupai darah pada saat menstruasi sehingga terkdang ledies salah mengartikannya.

Keram Perut
Munculnya keram perut bersamaan dengan munculnya bercak darah. Kram yang terjadi diperut  pada kondisi kehamilan akan muncul teratur. Kondisi ini akan terus berlanjut hingga kehamilan sampai trimester kedua, Kondisi akan berhenti kira-kira letak uterus telah berada ditengah dan disanggah oleh panggul.


Morning Sickness

Tidak menjadi patokan utama dalam kehamilan, akan tetapi hampir 50 perse dari perempuan yang sedang hamil akan menunjukkan tanda-tanda ini. Morning sickness biasanya ditanda dengan mual dan muntah.  Morning Sickness disebabkan oleh Hormon HGC atau (Human Chorionic Gonadotrophin) yang ada pada aliran darah. Selain di darah, hormon ini juga akan ditemukan pada air kencing, ini juga menjadi alasan mengapa test-pack mendeteksi kehamilan menggunakan air seni. Test-pack digunakan untuk menedeteksi kadar Hormon HCG didalam air seni. Hormon ini mengakibatkan rasa mual dan muntah hingga trimester kedua. Jika perasaan ini masih terus berlanjut sebaiknya untuk mengunjungi dokter ahli kandungan untuk segera diperiksa.

Frekuensi Buar Air Seni Bertambah

Satu atau dua minggu setelah haid terlambat, maka ledies frekuensi buang air kecil akan bertambah. hal ini disebabkan oleh posisi janin yang menekan kandung kemih yang berakibat pada meningkatnya sirkulasi darah. Selanjutnya kandung kemih akan cepat terisi oleh urine dan akhirnya keinginan untuk kencing akan bertambah. Jika ini terjadi, ledies sebaiknya tidak menahanya karena akan berdampak kebanyak hal.

Pusing dan sakit kepala (Headaches)

Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.

Kelelahan dan Sering Mengantuk
Perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh saat kehamilan awal akan mempengaruhi tubuh menjadi lebih mudah lelah dan sering merasakan kantuk berlebih. Ini diakibatkan oleh fungsi kerja organ yang semakin bertambah seperti ginjal, jantung, dan paru-paru. Organ ini bekerja untuk menopang kehidupan Ibu dan Janin. Perut yang semakin besar juga akan mempengaruhi kondisi fisik kepada tubuh ledies.

Sembelit
Peningkatan hormon progesetron pada saat hamil, akan berkibat pada sembelit. Hormon ini akan mengendorkan otot-otot pada rahim juga akan berdampak pada mengendurnya dinding usus dan pada akhirnya sembelit atau susah buang air besar.

Hipersalivasi
Hipersalivasi adlaah kondisi yang ditandai dengan sering meludah. Hal ini akibat dari efek meingkatnya hormon estrogen dan terjadi pada trimester pertama. Kondisi akan menghilang pada trimesetr kedua.

Naiknya temperatur basal tubuh
Proses ovulasi akan meningkatan suhu tubuh ledies, Kehamilan atau ovulasi akan meningkatn suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya. Kondisi akan akan terus terjadi selama hamil.


Demiian beberapa tanda-tanda non-medis, meskipun demikian tanda-tanda yang ledies alami akan sedikit berebeda-beda, tergantung dari kondisi fisik dan mental ledies pada saat kehamilan berlangsung, oleh karena itu tidak salahnya untuk segera memeriksakan diri pada saat muncul-muncul tanda seperti yang telah disebutkan diatas agar bis asegera dilakukan langkah preventif untuk melindungi calon buah hati anda.

0 Response to "Tanda-Tanda Non Medis Awal Kehamilan"